AREA PEMAKAMAN

AREA PEMAKAMAN

Kapling Spesial bagi Gus Dur

Kompas, Sabtu, 2 Januari 2010 | 03:15 WIB

Judul tulisan ini adalah kalimat yang dituturkan KH Agus Muhammad Zaki atau Gus Zaki, pengasuh Pondok Pesantren Al-Masruriyah (khusus putri) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Kamis (31/12), Gus Zaki sibuk mengurusi detail pemakaman KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Makam Gus Dur di kompleks yang lazim disebut peziarah sebagai Maqbarah (pemakaman) Tebuireng. Letaknya di sisi barat Wisma Hadji Kalla Ponpes Tebuireng, yang diresmikan (mantan) Wakil Presiden M Jusuf Kalla pada 28 Oktober 2007.

Maqbarah Tebuireng berada di tengah-tengah Ponpes Tebuireng. Menurut Gus Zaki, luas kompleks makam itu sekitar 1.500 meter persegi.

Sisi utara dan timur Maqbarah Tebuireng berbatasan dengan jalan dan asrama santri serta lapangan. Sisi selatan berbatasan dengan tembok yang memagari lingkungan ponpes.

Maqbarah Tebuireng mulai dipakai pertama kali tahun 1947, saat pendiri organisasi Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy’ari, wafat. Sejak saat itu sekitar 90 jenazah telah dikebumikan di lokasi itu, sekalipun jika dilihat sepintas dari batu nisan yang menyembul, kompleks makam itu terasa kecil.

Batu nisan di Maqbarah Tebuireng tidak ada yang bertuliskan nama. Semuanya kosong. Tetapi, di atas makam Gus Dur terdapat nisan sementara yang bertuliskan nama, tempat tanggal lahir, dan tempat tanggal wafat. Nisan sementara itu kelak diganti dengan nisan permanen dari bahan yang lebih baik dan mungkin disamakan seperti nisan di sekelilingnya.

Di sisi utara kompleks makam itu terdapat prasasti yang bertuliskan sejumlah nama yang dikuburkan di Maqbarah Tebuireng. Namun, belum semua nama terdapat dalam prasasti itu.

Makam Gus Dur persis di sisi utara makam KH Hasyim Asy’ari. ”Dulu tak ada yang berani di utara KH Hasyim karena dianggap di atas kepala,” kata Gus Zaki lagi. Gus Dur menempati kapling spesial.

Kerabat Gus Dur, KH Yusuf Irvan (Gus Irvan), mengatakan, yang bisa dimakamkan di lokasi itu hanya sampai garis keturunan cucu KH Hasyim Asy’ari. Keluarga di luar garis itu, makamnya di Ponpes Madrastul Quran.

(Ingki Rinaldi)

~ by Roni on May 1, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: