Rahasia Dibalik ‘Begitu Saja Kok Repot’ Milik Gus Dur

Rabu, 06 Januari 2010 13:14:48 WIB

Reporter : Yusuf Wibisono

Jombang (beritajatim.com) – Almarhum KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur identik dengan kata-kata ‘Begitu Saja Kok Repot’. Kata-kata itu sering dilontarkan oleh almarhum saat masih hidup. Namun tidak banyak yang tahu bagaimana asal muasal kata-kata itu.
Kebanyakan orang menganggap ‘Begitu Saja Kok Repot’ adalah sekedar joke milik Gus Dur. Namun bagi Zanuba Arifah Chafsoh alias Yenny Wahid, kata-kata sederhana itu sarat dengan makna. Betapa tidak kata-kata itu berasal dari ilmu fikih. Yakni berasal dari kosakata arab Yasir Wa La Tu’asir yang artinya permudah dan jangan dipersulit.
“Kata-kata Gus Dur yang akrab ditelinga kita, yakni Begitu Saja Kok Repot itu bukan sekedar guyonan. Namun mempunyai makna yang cukup dalam. Kata-kata itu berasal dari fikih Islam; Yasir Wa La Tu’asir. Artinya, permudah dan jangan dipersulit,” kata putri kedua Gus Dur ini, Rabu (6/1/2010).
Oleh karena itu, kata Yenny, ayahnya tidak pernah mempersulit segala urusan. Semua orang yang mengalami kesulitan dan datang ke Gus Dur akan selalu dibantu. Gus Dur tidak pernah memandang latar belakang, suku, ras, agama, dan golongan.
Perempuan yang baru melepas masa lajang ini menambahkan, pernah suatu ketika ayahnya menasehati tentang pandawa dan kurawa. Bagi kebanyakan orang pandawa adalah symbol kebaikan. Sedangkan kurawa adalah symbol kebobrokan. Namun bagi Gus Dur, hal itu tidak bisa dilihat secara hitam putih. “Bagi Gus Dur, kurawa adalah kebobrokan yang berproses menuju kebaikan,” kata Yenny menirukan nasehat ayahnya. [suf/ted]

Sumber:

http://www.beritajatim.com/detailnews.php/8/Peristiwa/2010-01-06/53571

~ by Roni on January 9, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: